Pengertian Dan Cara Memilih Program Affiliate Marketing yang Tepat

Pengertian Dan Cara Memilih Program Affiliate Marketing yang Tepat

izzionline.com – Pasti kita kenal bisnis online. Ya, kata ‘bisnis online’ sendiri ialah istilah umum yang di dalamnya ada bauran yang erat hubungannya dengan aktivitas-aktivitas dan kiat untuk menekuni usaha ini. Banyak orang mau mengawali bisnis ini, tapi masalah paling besar mereka yaitu modal untuk memulainya. Akan tetapi Anda tidak perlu kuatir. Bila Anda betul-betul mau mengawalinya, ada strategi sukses dalam membangun bisnis internet. Salah satunya yaitu dengan Affiliate Marketing.

Pengertian Dan Cara Memilih Program Affiliate Marketing yang Tepat

Apa Itu Affiliate Marketing?

Menurut apa yang dikatakan oleh Wikipedia, affiliate marketing ialah jenis pemasaran dimana komisi bisnis affiliasi didapat bila ada pengunjung atau konsumen menjalani konversi via upaya pemasaran affiliate. Dengan begitu, affiliate sendiri diartikan sebagai cara perusahaan (advertiser) untuk memasarkan produknya dengan mendaftarkan individu atau perusahaan affiliasinnya dan berikutnya (affiliate) menjual beberapa produk itu buat meraih sebuah komisi.

Simpel kan? dikala Anda jadi anggota affiliasi suatu bisnis, maka Anda akan mendapat link affiliasi (link referral). Berikutnya, Anda cuma menekuni usaha buat menyebarluaskan link itu di bermacam sosial media untuk meraih konversi.

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Ada dua cara dalam menekuni program marketing ini. Pertama, Anda bisa menawarkan program affiliate sebagai advertiser. Kedua, Anda bisa mendaftarkan buat mengikuti program affiliate dari usaha orang lain. Tentunya bila Anda perusahaan atau memiliki usaha yang lumayan besar, dengan menawarkan program affiliate merupakan salah satunya strategi sukses bisnis internet yang dapat menjadikan Anda memperoleh untung banyak.

Tapi, sebelumnya Anda mesti betul-betul memutuskan ketentuan terkait program affiliate Anda. Banyak ketentuan yang berbeda-beda dari setiap perusahaan yang menawarkan program affiliate. Contohnya, beberapa perusahaan affiliate membolehkan share link di sosial media. Tapi, beberapa salah satunya juga ada yang cuma memperkenankan melewati web dengan bermacam ketentuan, seperti niche, banyaknya traffic, originalitas content, dan beberapa hal lainnya.

Mitos Berkaitan Affiliate Marketing

Banyak mitos di luar sana berkenaan dengan affiliate marketing. Inilah sebabnya, banyak orang yang masih bingung dan ragu buat melakukan program usaha ini. Buat itu, Anda bisa membuat ketetapan yang benar supaya bisnis internet Anda dapat tumbuh dengan cepat. Berikut yaitu mitos-mitos tentang dengan affiliate marketing:

1. Affiliate Marketing Bisa Dilakukan dengan Pesat dan Mudah

Sebenarnya, program affiliate marketing begitu direpotkan dengan banyak pekerjaan. Banyak, program ini banyak dilirik, hingga akan banyak pesaing dan komisi akan lebih sulit diperoleh. Yang Anda paham, menjalani program affiliate marketing cuma masalah menyebarluaskan link referral saja. Tapi lebih dari itu, cuma sekitar 0,6 % affiliate marketer yang sukses dalam menekuni program itu dari tahun 2013 sampai 2014. Hal ini dilihat berdasarkan dari preferensi, kiat, taktik, perusahaan dan masih banyak lagi yang lainnya. Hasil dari itu, sudah menunjukkan jika affiliate marketing memerlukan waktu dan usaha buat menjalankannya.

Sebenarnya, usaha pemasaran affiliasi tergantung pada relasi baik antara affiliate marketer dan mitra yang melakukan program ini. Untuk itu, Anda mesti memerhatikan beberapa hal berikut:

  • Membawa partner yang tepat untuk menekuni program affiliate marketing Anda.
  • Mengupdate content secara teratur buat membuat beberapa hal yang baru dan inovatif. Hal ini untuk mempermudah meningkatkan traffic ke web usaha Anda. Harapannya, untuk merubah dari traffic jadi konversi.

2. Biar Affiliate Sukses, Anda Butuh Menentukan Niche yang Begitu Popular

Sebenarnya, banyak perusahaan yang tidak mencoba buka program ini. Lantaran, mereka fikir pasar mereka begitu sedikit. Sebagian perusahaan bahkan juga mencoba masuk ke niche market yang lebih besar, bahkan juga mereka tidak minat dengan niche market.

Sesungguhnya benar, niche yang lebih popular akan lebih baik untuk program affiliate marketing. Namun, itu tidak berarti menjamin Anda punya peluang yang sukses. Untuk itu, upayakan supaya tetap sejalan dengan tujuan dan misi perusahaan Anda dan temukan affiliate yang tahu relevansi kerja di suatu pasar yang menjadikan Anda merasa nyaman.

3. Anda Akan Sukses Bila Menjual Link di Banyak Situs

Cara terbaik buat melakukan program affiliate marketing yaitu dengan memprioritaskan kualitas dibanding kuantitas. Ada banyak beberapa situs kecil yang akan memasarkan produk Anda. Namun, kuncinya merupakan menemukan sebagian kecil partner yang akan memberi konversi. Contohnya, suatu firma layanan manajemen saham sudah mempunyai 20 ribu affiliasi dalam sistem mereka. Akan tetapi, cuma sekitar 25 afiliasi saja yang betul-betul menghasilkan 85 persen income mereka. Menurut studi yang dikerjakan, keberhasilan menjalani program affiliate didorong SEO dengan persentase sebesar 79% dan sosial media sekitar 60%.

Jenis Program Affiliate Marketing

Ada beragam cara buat mendapat pendapatan dari program affiliate marketing. Buat itu, berikut yaitu strategi sukses bisnis internet dengan mengerti terlebih dulu jenis-jenis program affiliate marketing. Berikut merupakan jenis program affiliate marketing yang banyak digunakan untuk memperoleh untung.

  • Pay Per Sale (PPS)

Ialah jenis program affiliate marketing dimana Anda akan meraih komisi apabila terjadi konversi (penjualan) via link affiliasi Anda. Komisi bervariasi, bergantung kebijakan setiap advertiser yang menawarkan program affiliasi.

  • Pay Per Lead (PPL)

Ini termasuk juga ke dalam jenis program dimana Anda akan memperoleh komisi dari setiap prospek atau leads yang join via link affiliasi Anda sesuai kualifikasi yang ditentukan oleh merchant. Komisi pembayaran flat, atau yang biasa diterimakan oleh situs luar negeri sebesar $ 0.10/lead. Contoh, merchant PPL seperti situs domain gratis luar negeri, akan tetapi program terbaik umumnya berasal dari situs asuransi, property, dan aplikasi pinjaman.

  • Pay Per Click (PPC)

Yaitu tipe affiliate marketing dimana Anda akan meraih komisi dari setiap click iklan yang dilakukan oleh pengunjung website atau situs. Untuk harga per click iklan ini beragam dan berbeda antara pengelola PP satu dengan yang lain. Kisarannya, dari mulai 300 rupiah per click. Anda bisa menemui program affiliate marketing ini pada Google Adsense.

  • Pay Per Review (PPR)

PPR ialah diantara program affiliate dimana Anda akan mendapat komisi dari setiap review produk atau jasa yang sudah Anda tulis di website. Besar komisi umumnya dilihat menurut Page Rank Website. Sekitar mulai 25 ribu rupiah per artikel atau website untuk page rank 1. PPR yang popular bisa Anda dapatkan di reviewme.com dan sponsoredreview.com

  • Recurring Affiliate program (AFR)

Jenis program affiliate marketing dimana Anda akan mendapat komisi dari setiap rekrutmen anggota yang berlangganan sebuah jasa dan layanan bulanan. Komisi umumnya dibayarkan secara berkala atau periode tetap. Contohnya, Anda bisa menemui AFR pada situs hosting dan auto responder.

Bagaimana Menentukan Program Affiliate Marketing yang Tepat?

Anda butuh memastikan jika Anda merasa nyaman dengan produk yang Anda promosikan atau akan Anda jual, dan Anda punya kepercayaan jika Anda mempromosikannya dengan tepat.

  • Check halaman situs website pengiklan. Apabila pada halaman itu tidak ada produk yang Anda inginkan, atau tidak begitu meyakinkan, maka kemungkinannya pengunjung tidak akan berminat untuk menjalankan pembelian.
  • Bila web Anda pun menyediakan content, maka pilih buat memasarkan produk secara soft selling. Hal ini buat menjaga pendapat positif pengunjung berkenaan situs Anda.
  • Pilih program affiliate marketing yang menawarkan sesuatu hal yang relevan untuk situs Anda. Cari program affiliasi yang terkait dengan tema, contohnya seperti situs web hosting, webmaster tool dan software, situs web template, dan seterusnya.
  • Pastikan Anda pun mengetahui ketentuan dan perjanjian affiliasi dan pastikan Anda patuhi hal itu. Luangkan juga waktu untuk mengecek pengiklan saat sebelum join untuk memastikan mereka betul-betul membayar untuk affiliasi dan jika program mereka bukan penipuan.
  • Coba perhatikan, apakah pengiklan yang menawarkan program affiliate memiliki fitur pencarian dan laporan buat program affiliasi yang telah Anda lakukan. Program affiliasi yang baik akan menyediakan Anda dengan cara mengakses statistic untuk melihat konversi, penjualan, dan komisi.

Demikian artikel tentang Pengertian Dan Cara Memilih Program Affiliate Marketing yang Tepat. Semoga artikel ini menambah pengetahuan anda tentang bisnis internet. Jika anda ingin mau coba bisnis lainnya misalkan bagaimana anda memiliki sebuah Mall Online profesional yang bisa menjadi solusi usaha Anda kedepan. Bahkan, investasi Anda bisa kembali di bulan pertama. Keuntungan yang didapatkan pun yaitu keuntungan langsung seperti:

  1. Komisi
  2. Bonus
  3. Poin
  4. Asuransi
  5. Bisa menjual produk sendiri
  6. Free online training tentang bisnis online

Fasilitas yang didapatkan :

  1. Mendapatkan website sebagai sarana usaha
  2. Pembayaran untuk belanja juga bisa menggunakan reward
  3. Produk pesanan akan dikirim oleh perusahaan
  4. Tarik tunai poin
  5. Transfer poin/reward antar member
  6. Mengadakan private tour sebagai usaha pribadi

Info selengkapnya klik banner di bawah ini: